Kondisi Aceh Makin Baik, Pengangguran Menurun

BANDA ACEH – Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh tentang pengangguran menunjukkan hasil yang baik. Tingkat pengangguran di Aceh mengalami penurunan. Misalnya, pada Agustus 2011 lalu jumlah pengangguran 64 ribu orang, angka ini lebih rendah dibandingkan realisasi tahun 2010 pada bulan yang sama yang mencapai 74 ribu orang.

Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Disminasi Statistik Aceh, Abdul Hakim, menjelaskan, penurunan angka pengangguran ini disebabkan karena kondisi aceh yang semakin kondusip masyarakat sudah berani bercocok tanam. Kondisi seperti ini dinilai membawa nilai positif bagi daerah.

Lebih detail lagi, Hakim menjelaskan, bahwa perbandingan kondisi pengangguran yang tercatat 64 ribu orang pada Agustus 2011 itu juga lebih rendah dibandingkan Agustus 2010  yang mencapai 74 ribu orang.

“Kalau dibandingkan Tahun 2010 dengan 2011, maka angka pengangguran menurun 1,6 %. Sebelumnya10,47 %, 2010, pada 2011 menjadi 8,5%, 2011,” katanya. “Itu tidak masuk angkatan kerja, kita tidak hitung lagi dia masuk pengangguran atau tidak. Sedangkan pengangguran adalah orang yang aktif mencari kerja. Tidak masuk lagi dalam angkatan kerja, karena ada yang berhenti atau pensiun,” katanya.

Hakim menjelaskan, penurunan angka pengangguran ini disebabkan karena kondisi aceh yang semakin kondusip masyarakat sudah berani bercocok tanam.

 

Sumber: www.atjehpost.com