Business Unit

Dalam melaksanakan kegiatannya, PT. Pelita Nusa Perkasa memiliki beberapa unit usaha yang dikelola secara mandiri dan pada saat tertentu saling mendukung untuk satu tujuan yaitu keberhasilan dari perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung-jawabnya.

Unit-unit usaha ini bagian yang tak terpisahkan dari manajemen PT. Pelita Nusa Perkasa dan menjadi andalan dalam menghasilkan pemasukan bagi perusahaan. Adapun unit usaha yang menjadi andalan PT. Pelita Nusa Perkasa adalah:

1. Konstruksi Gedung
2. Konstruksi Sipil
3. Konstruksi Tata Lingkungan
4. Divisi Alat Berat terdiri dari unit sewa alat berat dan unit produksi
5. Usaha Jasa Kegiatan Minyak dan Gas Bumi
6. Ekspor-Impor
7. Pengadaan

Unit usaha Konstruksi Gedung, Sipil dan Tata Lingkungan adalah unit usaha yang menjadi keahlian utama sejak terbentuknya PT. Pelita Nusa Perkasa. Keahlian ini terus berkembang seiring dengan keberhasilan dari PT. Pelita Nusa Perkasa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang dipercayakan kepadanya. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pelayanan lainnya maka PT. Pelita Nusa Perkasa menjawab peluang tersebut dengan menghadirkan unit usaha baru yang mampu memenuhi keinginan pasar.

Divisi Alat Berat yang terdiri dari unit sewa alat berat dan unit produksi lahir untuk mendukung kegiatan unit usaha konstruksi gedung, sipil dan tata lingkungan. Kebutuhan akan material dan alat berat dapat terpenuhi dari Divisi Alat Berat sehingga pelaksanaan pekerjaan dapat selesai tepat pada waktunya. Bukan hanya melayani kebutuhan internal, kini Divisi Alat Berat telah mampu melayani kebutuhan pasar di luar perusahaan seiring dengan semakin banyaknya alat berat dan unit produksi yang dimiliki sehingga mampu menjawab peluang usaha yang ada saat ini.

Usaha Jasa kegiatan Minyak dan Gas Bumi, Kegiatan Ekspor-Impor dan Pengadaan merupakan unit usaha baru yang mulai digeluti oleh PT. Pelita Nusa Perkasa. Aceh sebagai provinsi yang kaya akan sumber daya alam terutama minyak dan gas bumi, memberikan peluang yang cukup besar kepada PT. Pelita Nusa Perkasa untuk ikut serta dalam kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam.

Peluang Ekspor-Impor juga mulai terbuka seiring ditetapkannya Sabang menjadi pelabuhan bebas dan kesempatan yang ada dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan mulai melakukan kegiatan impor kebutuhan pokok masyarakat Indonesia pada umumnya dan Masyarakat Aceh pada khususnya. Ketidakmampuan PT. Semen Andalas Indonesia dalam melakukan produksi yang diakibatkan oleh hancurnya pabrik dikarenakan gempa dan tsunami Aceh, memberikan kesempatan kepada PT. Pelita Nusa Perkasa untuk mengimpor semen yang merupakan kebutuhan utama pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh-Nias. Unit Usaha Pengadaan juga telah menjadi unit utama dalam meraih keuntungan berdasarkan pengalaman kerja yang telah dilaksanakan sebelumnya. Unit usaha ini mampu memaksimalkan sumber daya manusia dan sumber daya keuangan yang dimiliki oleh perusahaan sehingga memberikan sumbangsih yang besar bagi keuntungan perusahaan.

Kesempatan dan peluang yang ada akan terus dimanfaatkan oleh PT. Pelita Nusa Perkasa sehingga cita-cita untuk menjadi perusahaan konstruksi yang tangguh di Provinsi NAD khususnya dan Indonesia yang berskala Nasional, handal, inovatif dan berdaya saing serta mampu berkembang sehat dan mandiri yang menjadi visi perusahaan dapat diwujudkan.